Selasa, 18 Oktober 2011

Beli Dimana Rasa Percaya ?

Ingatkah anda saat anda masih kecil dulu,ketika anda dimarahi ibu atau ayah anda ketika anda berbohong? Atau saat anda dimarahi orangtua  anda ketika anda pulang lebih malam dibanding waktu yang diberikan oleh mereka? Ya itu mungkin adalah saat-saat dimana kedua orangtua kita mengajari kita tentang apa itu arti kepercayaan.

Kepercayaan adalah salah satu hal yang sangat mahal harganya di dunia anda. Kepercayaan sangat dicari oleh orang-orang di luar sana karena kepentingannya yang tinggi. Namun untuk meraih kepercayaan sangatlah sulit. Dari siapapun itu kita mencari kepercayaan itu datang. Entah itu orangtua, guru, atasan, masyarakat, pacar, dan lain-lain. Yang sangat riskan adalah, kepercayaan begitu sulit untuk didapatkan dan begitu mudah untuk dibuang. 

Seorang pegawai yang baik akan berusaha sebaik mungkin dalam bekerja dan meminimalisir kesalahan agar bisa mendapatkan kepercayaan lebih dari atasannya. Dengan kepercayaan yang didapat ia berharap bisa mendapatkan timbal balik nantinya. Seorang pacar akan berusaha berlaku baik di depan orangtua pasangannya agar bisa mendapat pandangan baik serta kepercayaan untuk menjadi pacar anaknya. Itu sulit bukan? Juga Seorang pemimpin seperti presiden akan memakai berbagai macam cara untuk bisa menarik hati rakyatnya kemudian bisa memperoleh kepercayaan kemudian. 

Namun dalam kenyataannya seberat apapun anda memperoleh kepercayaan, tapi jika kepercayaan itu anda kecewakan, maka orang yang tadinya memberikan kepercayaan itu akan tidak lagi respek dengan anda. Meskipun anda hanya sekali saja mengecewakannya, itu sudah bisa mengakibatkan hilangnya kepercayaan. Ya timpang sebelah. Tetapi itulah yang ada dalam hubungan kita. Contohnya seorang pacar yang selingkuh meskipun hanya sekali maka kemungkinan besar akan sulit lagi bisa mendapat kepercayaan dari pacarnya. Meskipun sudah biasa lagi, tapi pasti akan ada kesiagaan dan was-was dikarenakan rasa percaya yang telah hilang kepada pacarnya. Dalam lingkup pekerjaan lebih berat lagi. Tidak menerima kesalahan-kesalahan banyak secara tidak langsung terlihat dalam dunia pekerjaan. Juga dalam panggung politik ataupun orang-orang selebriti masyarakat. Sekali mereka melakukan kesalahan, mereka bisa dengan cepat akan ditinggalkan.

Karena itu kesalahan kecil yang kita buat bisa saja harus kita bayar dengan mahal. Itulah kepercayaan, sulit untuk dipertahankan. Banyak cara yang dilakukan orang untuk bisa mendapatkan ataupun mempertahankan rasa percaya itu. Kita semua mau tidak mau membutuhkan kepercayaan dari orang lain. Karena ini berhubungan dengan pandangan orang serta penilaian orang kepada kita. Karena itulah jaga kepercayaan yang telah diberikan orang pada anda. Sudahkah anda dipercaya oleh orang terdekat anda? Yah bagaimanapun juga ini hanya opini saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar