Senin, 03 Oktober 2011

Mari Berbicara Tentang Bicara

Berani berbicara merupakan hal penting dalam keseharian kita juga untuk dunia kerja. Pendidikan untuk berani berbicara haruslah ditanamkan pada diri anak-anak sejak dini. Karena dengan berani berbicara kita bisa menyampaikan pendapat maupun pertanyaan. Tapi tak semua orang berani berbicara.

Ada tipe seseorang yang tidak berani berbicara pada orang lain terlebih lagi atasan. Jika berbicara dengan atasan ia akan lebih memilih untuk mengiyakan saja dan setuju-setuju saja. Ia baru menyesalinya jika pembicaraan sudah selesai karena ia takut untuk berbicara. Ini berbahaya karena akan mengundang resiko pada orang itu.

Adalah tipe orang yang berani berbicara yang akan lebih mudah berinteraksi dengan orang lain termasuk atasannya. Orang tipe ini juga tak jarang akan dijadikan tameng oleh orang tipe pertama jika akan menyampaikan sesuatu. Dan tak jarang orang tipe pertama akan menyalahkan tipe kedua jika ada ketidakpuasan pada diri tipe pertama, padahal itu karena ia tak berani berbicara.

Orang tipe pertama cenderung hanya berani berbicara pada zona aman saja ataupun orang dekat saja. Tak sedikit juga orang yang seimbang antara kedua tipe itu. Biasanya yang seimbang ini hanya akan berbicara untuk hal yang aman-aman saja.

Pemuda kita harus lebih berani berbicara. Namun terlalu banyak bicara juga tidak baik, omong doang juga berbahaya. Dengan berani berbicara anda memiliki nilai plus tersendiri. Keluarlah dari zona aman dan beranilah untuk mengungkapkan sesuatu. Tapi tak perlu percaya, bagaimanapun juga ini hanya opini saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar