Rabu, 19 Oktober 2011

Lebih Dekat Dengan Operan

Ada banyak cara untuk bisa dekat ataupun mengenal seseorang. Bagi anda yang memang sulit dalam bergaul dengan orang lain mungkin bingung bagaimana cara untuk bisa lebih dekat dengan orang lain. Anda bisa saja belajar dari buku-buku tentang bagaimana berinteraksi dengan orang lain, ataupun bertanya pada ahli bagaimana bisa dengan baik berkenalan dan lebih mendekatkan diri kepada orang lain. Namun ada cara lebih mudah dibanding harus belajar itu semua. Bermainlah sepakbola.

Ya, anda cukup bermain sepakbola dengan orang lain yang anda berkeinginan untuk lebih dekat. Kenapa harus bermain sepakbola? Apa hubungannya bermain sepakbola dengan mendekatkan hubungan? Jawabannya bisa anda temukan jika anda telah melakukannya. Sepakbola akan membuat kita melepaskan semua palang pembatas dalam hubungan kita dengan seseorang. Karena dalam permainan ini secara tidak sadar anda akan mudah berinteraksi dengan teman anda.

Jika sebelum anda bermain sepakbola dengan si A anda bersikap kikuk di depannya, anda tidak akan melakukannya saat bermain sepakbola dengannya. Dengan saling mengoper bola saat bermain, anda membangun sebuah tali komunikasi yang baik dengan teman anda. Saling berteriak minta dioper merupakan pintu untuk memudahkan anda berkomunikasi dengannya di kemudian. Mungkin sebelumnya di luar anda sulit atau segan untuk berkomunikasi dengan si A tadi, tapi setelah bermain bola bersama, saling sapa-menyapa menjadi hal yang lumrah diantara anda. Walau mungkin hanya saling menyapa, itu sudah sangat baik untuk lebih memperbaiki hubungan bukan?

Terkadang seseorang akan segan untuk berkomunikasi dengan orang yang baru saja dia kenal. Baik itu dalam lingkup sekolah, kantor, atau apa saja. Jika ada waktu untuk bermain sepakbola bersama, pakailah waktu itu dan manfaatkan. Anda hanya butuh sekali saja bermain untuk bisa lebih dekat dengan orang yang baru anda kenal. Lebih bagus lagi jika anda memang jago bermain bola. Anda bisa lebih mudah menarik orang untuk mau berkomunikasi dengan anda karena kehebatan anda bermain bola. Minimal kehebatan anda mengolah si kulit bundar bisa menjadi bahan obrolan yang baik.

Karena itulah baik sekali jika kantor-kantor ataupun komunitas-komunitas lainnya sering bermain bola bersama. Saat inipun banyak yang secara rutin mengadakan main futsal bersama sekali seminggu minimal. Kantorpun mengadakan hal semacam ini selain sebagai sarana berolahraga juga untuk lebih mendekatkan karyawan-karyawan serta membangun hubungan intrapersonal yang baik satu sama lain. Karena saat bermain bola sekat-sekat yang tadinya ada akan hilang, dan akan menunjang komunikasi yang baik dalam lingkup mereka serta berpengaruh dalam hubungan kerja juga.

Itulah sifat magis dalam sepakbola. Di Brazil orang-orang yang lewat bisa dengan dengan mudahnya ikut bermain sepakbola dengan anak-anak yang bermian di lapangan pinggir jalan. Mereka tidak perlu saling kenal untuk bisa bermain, karena sepakbola terkadang tidak memerlukan bahasa. Mungkin ada cara-cara lain selain bermian sepakbola untuk membangun komunikasi yang baik, sepakbola hanya salah satu diantaranya. Jadi, dibanding anda belajar dari buku tentang cara-cara berkomunikasi dan membangun hubungan intrapersonal yang baik dengan orang lain, lebih baik anda berlatih sepakbola. Tapi sulit kalau anda memang malas untuk berolahraga, bagaimanapun juga ini hanya opini saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar