Senin, 26 September 2011

Jangan Hanya Meminta Hai Indonesia

Pernahkah anda meminta? Saya rasa semua dari kita pernah melakukannya. Pernahkan anda menuntut? Saya rasa anda pun pernah melakukannya. Entah kepada orangtua, sekolah, kantor, atau kepada yang lainnya. Dan apakah anda juga pernah menuntut dan meminta dari negara? Ya menuntut kepada pemerintah sesuai apa yang kita mau.

Masyarakat kita sangat senang mengkritik dan menjelek-jelekan pemerintah. Masyarakat kita juga sangat senang untuk menuntut. Entah dengan cara unjuk rasa atau dengan aksi-aksi lainnya. Kita tak pernah puas. Yah walaupun memang banyak yang harus dipertanyakan dari kepemerintahan di negara kita. Mari sekarang kita coba berhenti sejenak dan berkaca, pernahkah anda turut ambil bagian untuk kemajuan negara?

Kita selalu mempersalahkan pemerintah dalam banyak hal. Menyalahkan merupakan hobi masyarakat kita. Tapi sesungguhnya yang membangun negara ini bukanlah pemerintah semata. Kita masyarakat ada di dalamnya. Jadi apakah anda pernah merasa bahwa anda juga memiliki peran untuk membangun negara? Kita sering kali menjadikan pemerintah sebagai kambing hitam untuk masalah-masalah. Namun apakah kita sendiri pernah berbuat untuk negara?

Jika anda merasa ada yang salah dalam negara, cobalah untuk merubahnya dengan cara anda. Jika tidak ada lapangan pekerjaan, buatlah lapangan itu sendiri. Jika anda sudah melihat bahwa pemerintah gagal, perbaikilah dengan kemampuan anda. Jika anda benci korupsi, berantaslah juga semampu anda. Yang saya mau katakan adalah bahwa negara ini tak akan berkembang jika kita hanya mau mengandalkan pemerintah saja tanpa mau ambil bagian.

Mulailah tanyakan diri anda apa yang bisa anda berikan untuk negara ini supaya berubah ke arah yang lebih baik lagi. Dengan menulis seperti ini saya memberikan apa yang mampu saya lakukan untuk negara, yakni memberikan ajakan pada anda untuk merubah pola pikir demi majunya Indonesia. Mulailah dengan hal-hal kecil seperti kegiatan menulis yang saya lakukan ini. Perubahan selalu datang dari hal-hal kecil, namun saat hal-hal kecil itu berkumpul maka perubahan besar akan hadir. Anda boleh saja menganggap ini omong kosong belaka, bagaimanapun juga ini hanya opini saya.

1 komentar:

  1. mari kita tidak hanya memberi komentar melainkan solusi!
    saya melihat pemerintah gagal dalam mewujudkan kota yang baik, nyaman, dan ramah lingkungan dan saya akan mewujudkannya dengan cara saya sendiri.

    BalasHapus