Kamis, 22 September 2011

Rumahnya Orang Merdeka

*tulisan saya dibawah ini hanyalah kritik semata.

Anda ingin hidup bebas? Bersyukurlah pada Tuhan kalau anda adalah warga negara Indonesia. Kenapa begitu? Di Negara ini anda bisa bebas melakukan apa saja, tak ada negara yang lebih bebas dibandingkan negara Indonesia. Siapapun anda, anda bisa bermimpi jadi apa saja jika anda mau. Tak ada yang tak mungkin di Indonesia ini. Anda bisa menjadi apa saja jika anda mau di negeri ini. Dari profesi yang paling rendah, tinggi, baik sampai buruk pun bisa anda lakukan di negara ini. Dan jangan salah, kalau anda kreatif bahkan anda bisa menciptakan pekerjaan paling unik yang hanya ada di negara Indonesia. Semua bisa dilakukan, kita kan negara merdeka.

Profesi di Indonesia begitu beragam. Maling pun juga beragam. Dari maling ayam sampai maling uang negara ada di negara ini. Kalau masalah jumlah, saya tidak yakin mana yang lebih banyak antara kedua maling ini. Maling mangga sampai maling hutan juga ada di Indonesia. Kalau maling mangga dan maling ayam sehabis maling bisa setengah hidup karena dikeroyok warga, maling uang negara dan maling hutan akan berleha-leha tanpa takut akan dihukum. Kalaupun mereka akan dihukum mereka masih punya senjata ampuh, uang. Anda mau jadi penjahat? Di sinilah tempatnya. 

Anda mau jadi artis? Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang menawarkan kesempatan seluas-luasnya buat warga negaranya untuk berekspresi menjadi artis. Jumlah artis sudah begitu banyaknya. Anda tinggal butuh sedikit belajar beracting menangis ditambah wajah yang cukup enak dipandang untuk menjadi seorang artis. Kalau muka anda jelek? Tak perlu khawatir, acara televisi tetap membutuhkan orang-orang berwajah pas-pasan untuk menjual acara mereka. Anda hanya butuh modal melucu sedikit saja, maka jadilah anda seorang artis di TV. Musisi lebih mudah. Bentuklah band, buatlah lagu-lagu mellow atau melayu. Buatlah lirik yang mudah diingat dan minimal pada bagian reffnya, atau tambahkan bahasa lain pada lagu anda. Tinggal sisanya perjuangan anda sampai anda tenar. Untuk urusan wajah atau pun skill anda tak perlu khawatir. Dan satu pekerjaan lain tak menjadi batasan anda untuk menjadi musisi. Presiden pun bisa menjadi musisi. Sudah saya katakan tak ada yang tidak mungkin di negara kita ini.

Kebebasan juga ada jika anda mau menjadi anggota DPR. Ikutlah salah satu partai, siapkan modal yang besar. Dan jadilah anda anggota dewan legislatif. Tak perlulah pengetahuan politik yang tinggi. Saat rapat pun anda tak perlu takut anda bosan. Kalau anda ngantuk, ya tidurlah, tak usah takut tak ada teman. Kalau anda bosan anda juga bisa nonton film porno kalau anda mau, masalah malu atau tidak tergantung pribadi anda. Anda sedang ingin berolahraga saat rapat dewan? Anda tinggal berkelahi dengan anggota dewan yang lain. Ditambah diliput oleh media anda bisa jadi berita hangat dan nama anda di dewan jadi tambah tenar. Mudah bukan?

Di Indonesia ini selama kita mau, apapun bisa dijadikan uang. Anda suka main di social networking? Mau jadi penulis? Anda tinggal buat buku dengan embel-embel cara mudah belajar blablabla dan seterusnya. Buku anda terbit, uang pun datang pada anda. Di jalan raya pun ada berbagai macam profesi. Mulai dari tukang parkir, Pak Ogah, dan masih banyak lagi profesi lainnya. Anda bebas memilih pekerjaan yang anda mau. Karena hidup juga merupakan pilihan bukan?

Tempat tinggal pun bisa anda pilih, semua terserah usaha anda. Dari perumahan elit sampai jembatan penyebrangan telah menjadi pemukiman di Indonesia. Toh tak ada yang melarang bukan? Anda juga tak perlu takut tak bisa mendapatkan alat transportasi. Angkutan umum berjejer-jejer menunggu anda naiki. Ingin cepat anda bisa naik kereta. Definisi naik pun sudah berbeda disini. Naik ya berarti di atas kereta. Jadi anda tak perlu takut anda tak bisa mendapat tempat di kereta. Tinggal membutuhkan sedikit keberanian saja, resiko paling anda lebih cepat pulang ke rumah yang diatas. Anda yang punya obsesi pembalap F1 atau motor GP tak perlu takut tak bisa menyalurkan bakat anda. Jalan raya di ibukota adalah tempat yang bagus untuk menunjukan kebolehan anda. Jalan raya menjadi arena selap-selip kendaraan yang begitu seru. Tak ada yang mau kalah sebelum badan kendaraan kurang satu centi mengenai badan yang lain atau pun kebablasan. 

Kalau ada orang bilang hidup di Indonesia itu berat dan menyiksa, mereka salah besar. Mereka pasti belum menemukan kenikmatan hidup di negara ini. Indonesia itu negeri paling bebas di dunia. Berbahagialah anda hidup di Indonesia karena tak ada negeri lain yang seperti kita. Yang benar adalah salah, yang salah adalah benar, dimana lagi anda bisa menemukan selain di Indonesia? Anda boleh bersyukur dan tidak, bagaimanapun juga ini hanya opini saya.
   

1 komentar:

  1. Di Indonesia, semua emang serba bisa dilakukan. Mau jadi politikus, setor duit ke partai, udah terpilih.
    Memang cacat sistem hukum di negara kita. Tindakan yang sebenarnya melanggar hukum malah dibenarkan. Inilah yang namanya jual beli hukum dan profesi.

    BalasHapus