Selasa, 01 November 2011

Cocok Itu Dusta

"Maaf, kita sepertinya udah gak cocok lagi deh.." Apakah anda salah satu korban yang pernah menerima perkataan seperti itu? Atau mungkin anda salah satu orang yang pernah megucapkan itu? "Sudah gak cocok, sudah gak nyambung" Kalimat-kalimat itu adalah cara terpopuler di kalangan anak muda sebagai kalimat memutuskan hubungan asmara.

Menurut saya ketidak cocokan bukan merupakan suatu alasan yang bisa diterima begitu saja. Mengapa demikian? Karena bagi saya cocoknya kita dengan seseorang tidak terjadi begitu saja melainkan ada usaha untuk menjadikannya. Tak ada seorangpun yang benar-benar cocok untuk menjadi pasangan kita jika kita ingin mencari yang cocok. Kecocokan adalah hal yang harus dibangun.

Apa alasan anda saat menyukai seseorang? Kalau saya ditanya seperti itu saya akan menjawab bahwa saya juga tidak tahu kenapa. Tidak ada alasan saya bisa menyukai seorang wanita. Begitu juga dengan hal-hal lainnya. Semua terjadi begitu saja. Ada banyak wanita cantik diluar sana namun kenapa saya hanya menyukai si A? Tak ada yang bisa menjawabnya, itu adalah rahasia ilahi. Alasan-alasan seperti segi fisik ataupun sifat hanyalah hal yang menjadi cabang dari rasa suka kita, namun tetap saja bukan alasan kita menyukai sesuatu. Ada sesuatu yang tidak bisa kita jelaskan disana. Adanya impuls yang saling bertemu dan menghasilkan tindakan. Tidakah anda merasa demikian?

Lalu mengenai kecocokan sebenarnya adalah masalah adaptasi kita. Karena kita menyukai dia, maka kita secara tidak sadar akan membuat diri kita nyaman dengan dirinya. Kenyamanan itu kita bangun dengan usaha-usaha yang begitu beragam. Kita beradaptasi dengan orang yang kita suka tadi. Setelah itu kita akan mendapatkan kenyamanan bersama orang itu dan sering kali kita anggap itu adalah suatu kecocokan yang datang begitu saja. Jadi menurut saya memang dari awal tidak ada hal cocok atau tidak cocok. Yang ada hanyalah suka atau tidak suka, sayang atau tidak sayang saja. Sudah tidak cocok bisa diartikan sudah capek untuk bersama dia ataupun sudah capek meladeni dan sebagainya.

Banyak hal yang tidak bisa dijelaskan dalam hubungan kita satu sama lain terutama untuk hubungan percintaan. Akan ada begitu banyak hal bodoh maupun luarbiasa yang bisa dilakukan. Dan jika si dia berkata sudah tidak cocok lagi, yah saya sudah menjelaskannya diatas. Namun tak perlu anda percaya, bagaimanapun juga ini hanya opini saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar